Gold Price

PAPER 2018_Gian A, Dendy N, Jatmika Setiawan_Mengungkap Potensi Geowisata dan Geokultur Untuk diusulkan Sebagai Geosite di Daerah Gumelem dan Sekitarnya, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Desa Gumelem terletak di Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, memiliki beberapa kriteria untuk dijadikan sebagai objek geosite yang baru. Secara regional daerah telitian terletak di cekungan Serayu Selatan, tersusun oleh 8 satuan batuan dan 4 formasi dengan umur oligosen tengah sampai holosen yaitu Satuan breksi Totogan, Satuan breksi piroklastik Waturanda, Satuan batupasir karbonatan Panosogan, Satuan batupasir Halang, Satuan lava basaltik Halang, Satuan intrusi andesit Halang, Anggota breksi Halang, dan Endapan Alluvial. Struktur geologi yang berkembang pada daerah telitian yaitu Antiklin Sampang, Sesar Naik Patok, Sesar Turun Jagarasmi, Sesar Mendatar Karangbawang, Sesar Naik Susukan dan Sesar Mendatar Srikandi. 
Tujuan penelitian ini adalah mengungkap potensi geowisata dan geokultur untuk diusulkan sebagai geosite baru. Potensi geowisata yang terdapat di lokasi telitian adalah Curug Jongor, Banyu Anget Gumelem, Curug Jagarasmi, Bukit Girilangan, Bukit Mahameru Tambak, Lembah Antiklin Sampang, dan Bukit Ratapan Angin serta potensi geokultur yang ada yaitu makom Ki Ageng Giring terletak di puncak bukit Girilangan, Batik Tulis khas desa Gumelem, Sajadah Batu, dan tradisi nyadranan gede yang bertujuan untuk mempererat kebersamaan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data deskriptif dan kuantitatif yang mencakup pengumpulan data geologi, site geowisata & geokultur, kemudian didukung dengan analisis petrografi, struktur geologi, dan analisis SWOT. Hasil dari analisis SWOT, geosite Gumelem harus di kembangkan dan dipromosikan dengan baik agar dapat meningkatkan popularitas. Pengembangan kawasan geosite mempunyai dampak besar untuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar dan dapat digunakan oleh pemerintah sebagai basis informasi untuk pengembangan berkelanjutan.


Full Paper

Comments

Postingan Populer

DOWNLOAD LEMBAR PETA GEOLOGI REGIONAL SE-INDONESIA

7 SISTEM KRISTAL - KRISTALOGRAFI

8 GOLONGAN MINERAL

BATUAN BEKU

PENGERTIAN ARCMAP DAN FUNGSI IKON PADA ARCMAP / ARCGIS

Commodities News