Gold Price

[SKARN/Endapan Hidrothermal/Alterasi Hidrothermal/GEOLOGY] - ENDAPAN SKARN BERDASARKAN BATUAN ASALNYA


Endapan Skarn Berdasarkan Batuan Asal

Berdasarkan jenis batuan asalnya, skarn dibagi menjadi 2 yaitu endoskarn dan eksoskarn. Endoskarn adalah skarn yang terbentuk pada batas atau di dalam batuan beku itu sendiri. Sedangkan eksoskarn adalah skarn yang terbentuk pada batuan sedimen di sekitar intrusi batuan beku. Umumnya endapan endoskarn maupun eksoskarn dapat menghasilkan bijih, akan tetapi dalam endoskarn - eksoskarn yang hadir bersamaan, dimana eksoskarn menghasilkan marmer, umumnya bijih akan dominan ditemukan pada eksoskarn. Eksoskarn dapat diklasifikasikan pada mineral yang dominan hadir sebagai Mg-silikat seperti forsterit, atau sebagai calc-silicate dimana mineral yang hadir berupa andradit dan diopsid. Pada endapan skarn di dunia, skarn yang bernilai ekonomis dijumpai pada Ca-eksoskarn (Meinert et. al, 2005).


CONTOH SAMPEL ENDOSKARN

Alterasi skarn yang terjadi pada host rock diorit, disertai dengan munculnya mineral mineral skarn (garnet, diopsid, epidot)

CONTOH SAMPEL EKSOSKARN

Alterasi skarn yang terjadi pada host rock dolomit, disertai dengan munculnya mineral mineral skarn (garnet, diopsid, epidot, tremolit-actinolite)




Sumber :

Guilbert, J. M., and Park, Jr. C. F., (1986). The Geology of Ore Deposits, W. H. Freeman and Company, New York.
Pirajno, F., (1992). Hydrotermal Mineral Deposits, Principles and Fundamental Concepts for the Exploration Geologist, Springer-VerlagBerlin, Heidelberg, New York, London, Paris.

Meinert, L. W., Dipple, G. M., dan Nicolescu, S. 2005. World Skarn Deposits. Economic Geology 100th Anniversary Volume, 299-336. 

Comments

Postingan Populer

DOWNLOAD LEMBAR PETA GEOLOGI REGIONAL SE-INDONESIA

7 SISTEM KRISTAL - KRISTALOGRAFI

8 GOLONGAN MINERAL

BATUAN BEKU

PENGERTIAN ARCMAP DAN FUNGSI IKON PADA ARCMAP / ARCGIS

Commodities News